Sejarah Mobil Katana (Naga Car's)
# Suzuki Katana GX 2003
Katana Indomobil menjadi varian pertama dari Suzuki Katana. Varian ini dirakit langsung oleh PT. Suzuki IndoMobil Motor sehingga kwalitasnya lebih terjamin karena minim dempul pada plat body dan interior yang lebih baik. Sejak keluar pertama kali, Katana Indomobil sudah menggunakan atap tinggi, lebih tinggi dari Jimny jenis apapun. Karena dianggap kurang proporsional, banyak pemilik memotong atap ini dan dijadikan model atap Trepes. Memasuki tahun 1989, Suzuki Katana mengalami facelift yang paling mudah ditandai dari lampu depan berbentuk Kotak dan sudah mengadopsi transmisi manual 5 percepatan. Mulai dari tahun tersebut, Katana dibagi menjadi 4 trim, yakni DX, DX Blitz, GX dan GX Blitz. Tipe DX belum memiliki AC dan power steering sebagai standar (biasanya dipasang belakangan) serta mengusung jok belakang saling berhadapan sementara tipe GX jok belakangnya menghadap ke depan dan dilengkapi fitur-fitur di atas. Sedangkan kedua tipe dengan embel-embel Blitz dilengkapi suspensi yang lebih lembut dibandingkan tipe biasa.
Suzuki Katana merupakan kelanjutan juga merupakan penyempurnaan dari model Suzuki sejenis yang bernama Suzuki Jimny. Dan dari kedua model ini mempunyai konsep dan juga tampilan yang tidak jauh berbeda bahkan cenderung hampir sama. Hanya saja tampilan eksteriornya cukup berbeda. Dan yang membuat perbedaan keduanya cukup jelas adalah permasalahan mesin yang terdapat di area dapur pacu. Suzuki Jimny memiliki mesin dengan dimensi yang lebih besar dan juga lebih gagah. Terutama di sektor eksterior. Sementara harga mobil katana bekas sendiri memang cukup stabil. Meskipun ada penurunan, namun harga mobil Katana masih cukup tinggi. Hal ini disebabkan adanya pasar tersendiri di Indonesia yang membuat Suzuki Katana masih memiliki segmen yang cukup kuat.
Karena Suzuki Katana adalah mobil yang terbilang mungil, maka kapasitas ruangan yang dimiliki mobil ini terbatas dan sempit. Batas maksimal penumpang yang dapat diangkut adalah 5 orang. Hal ini memang dikarenakan mobil ini memiliki konsep minimalis yang dirancang untuk keluarga kecil yang tinggal di perkotaan.
Mesin yang digunakan dalam Suzuki Katana mayoritas adalah 1000 cc. Akan tetapi ada versi lain yang juga menggunakan mesin dengan kapasitas 1300 cc. Mesini ini sudah cukup dan sepadan dengan beban yang harus dipikul dikarenakan ukurannya memang mungil dan ringan.
Sekian Informasi dari berbagai Sumber yang saya dapat kiranya dapat Berguna bagi semua kalangan pencinta Suzuki Katana Dan bagi anda yang ingin membeli mobil suzuki katana mari berbagi pengalaman Gimana perawatan yang baik untuk mobil Katana ini.Konsultasi Jauga boleh..Mari tinggalkan di kolom komentar anda..Kira2 apa yang mau didiskusikan seputar mobil katana..Terima Kasih..Salam Hangat Naga Car's..
Komentar
Posting Komentar